Sabtu, 07 November 2020

Diklat Luring di Sela Pandemi

 



Saya Berangkat dari Subang bersama teman saya menuju Hotel Putri Gunung yang berada di Kabupaten bandung Barat. Karena check in pukul 14.00-16.00 maka kami berangkat setelah melaksanakan solat duhur.

Saya tiba di Hotel Putri Gunung tepat pukul 14.00 lalu melakukan registrasi di meja panitia dengan menyerahkan dokumen yang berupa Surat Tugas dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Subang,  Surat Keterangan tidak terpapar Covid dari Rumah sakit, dan mengisi biodata secara online. Setelah melakukan registrasi saya diberi kunci kamar dan goody bag. Lalu mencari kamar tujuan  yaitu no 223 untuk mempersiapkan diri mengikuti Upacara pembukaan di Aula. nanti pukul 16.00. Setelah istirahat sejenak dan melakukan solat ashar, saya mempersiapkan diri untuk menuju Aula mengikuti Upacara pembukaan. Upacara pembukaan disarankan memakai pakaian resmi sopan.

Tepat pukul 16.00 Upacara pemubukaan dimulai. Diawali oleh pembawa acara membacakan susunan acara, Sambutan dari Kabid GTK Kab. Subang bapak Mufti.Acara selanjutnya adalah  yaitu Sambutan dari Kapusmenjar yaitu Ibu Asrijanty. Ph.D. sekaligus membuka acara. Lalu kamu istirahat untuk melaksanakan ibadah solat maghrib.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan teknis untuk kegiatan Desatika dan membaca Digital. Desatika diperuntukkan kepada guru SD diikuti oleh 10 SD sedangkan Membaca Digital diikuti oleh 4 SD, 4 SD, 4 SMP, $ SMA dari Kabupaten Subang dan 4 SD, 4 SMP, 4 SMA dari Kabupaten Purwakarta.

Adapun tujuan dari Kegiatan ini adalah:

a.       pemahaman guru tentang pemanfaatan aplikasi penilaian;

b.      rekap perbaikan terhadap wacana dan soal pada jenis teks informasional;

c.       rekap perbaikan terhadap wacana dan soal pada jenis teks sastra; dan

d.      rekap perbaikan terhadap fitur-fitur di dalam aplikasi AKSI Membaca Digital.

Setelah pengarahan teknis peserta dipersilakan istirahat.

 Hari kedua dimulai pukul 08.00 dengan materi Diskusi Hasil Simulasi Membaca Digital Wacana 1-5  yaitu  Teks Informasi tentang analisis kebahasaan dalam petunjuk, instruksi guru, wacana ataupun soal yang terdapat aplikasi membaca Digital. Banyak ditemukan penggunaan unsur kebahasaan dan ejaan yang kurang tepat.

Setelah solat duhur dan isoma kelas dilanjutkan dengan Diskusi Hasil Simulasi Membaca Digital Wacana 6-10 Teks Sastra tentang unsur kebahasaan dan penulisan ejaan yang terdapat dalam petunjuk, instruksi guru, wacana, dan  soal. Acara dilanjutkan Review hasil diskusi kelompok 1 s.d 10. Kemudian kami diberikan materi  Pengenalan Penulisan Soal untuk Aksipedia. Dalam hal ini kami belajar membuat soal dengan pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan benar salah secara individual. Dimuali dengan membuat stimulus, sampai memberi skor yang tepat. Lalu kami istirahat.

 Pada hari ketiga acara dilanjutkan dengan mengenalkan sebuah aplikasi asasmen yaitu AKSIPEDIA oleh Pak Yoyo sebagai nara sumber. Aplikasi ini dibuat untuk mengukur kompetensi siswa, Pengenalan ini  mulai dari pembukaan aplikasi AKSIPEDIA dengan berbagai manfaatnya , masuk sebagai petugas yang membuat soal, mengeksprot soal, memberi skor sampai dengan mendapatkan skor secara , Setelah kita masuk sebagai petugas acara dibreak istirahat. Lalu setelah istirahat dilanjutkan simulasi AKSIPEDIA kita  masuk sebagai peserta mulai dari membuka , mengerjakan soal dan mendapatkan skor. Setelah praktik aplikasi AKSIPEDIA kami selesai.

Selepas Maghrib acara dilanjutkan Upacara penutupan Kegiatan diawali oleh pembawa acara, Sambutan dari Dinas Provinsi dan sambutan dari Kepala Sub bagian tata Usaha Pusmenjar Ibu Lilis Windiarti sekaligus menutup acara diklat ini.

 Pada hari keempat para peserta melakukan penyelesaian administrasi dan check out dari hotel. Alhamdulillah walaupun di sela Pandemi tetapi kita bisa menambah ilmu yang bermanfaat untuk diriku khususnya.

Ai Sumnartini Dewi

Guru SMPN 1 Cibogo 

FB: Ai Smart Dhewi

IG : ai_sumartini_dewi

Blog: Dhewi's Blogspot.com

11 komentar:

  1. Mantapsss sekali Ini Bu Si manis Jembatan Cibogo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih BuCi sudah mampir, jadi kalau perlu gula lihat saya aja ya... wkwkwkw

      Hapus
    2. Alhamdulillah...mudah-mudahanmudah-mudahan ilmunya berkah...

      Hapus
  2. Bahagia sudah bisa luring diklatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah Pak tetapi tetap ketat memperhatikan protokol kesehatan. Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Selalu semangat Bu Dewi,penggiat Literasi๐Ÿ‘๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih BuPrap sudah mampir, salam sehat dan semangat

      Hapus
  4. Sip. semangat dan semoga Allah selalu melindungi kita semua. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Pak, salam sehat dan semangat

      Hapus