Jumat, 17 Juli 2020

Resume Kuliah Menuis Online ke-21


MENULIS ITU SEMUDAH CHATTING
                                         

Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN : 08157698288, 082136009888  International Certified on  NLP & Persuassive Communication. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry.  International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.

Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa.

Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Selain itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dll

Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program ( 2007), Konsultan Marketing Media (2007).

Contact Person : 08157698288 WA atau melalui  E-mail : mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.
5 Hal yang Mengubah Krisis Jadi Peluang. Terdapat tiga jenis manusia menghadapi krisis :
1️⃣Menyalahkan pihak lain yang membuat dirinya yang sudah bernasib buruk menjadi tambah sengsara.
2️⃣ Sekedar menyesuaikan diri dengan keadaan, dan bersikap menunggu serta berharap krisis segera lewat.
3️⃣ Krisis adalah peluang atau kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri, bahwa diri kita bisa berbuat sesuatu yang berarti bagi masyarakat
Jika pilihan Anda adalah nomor 3, bersiap-siaplah untuk mendapatkan miracle dalam hidup ini.Akan tetapi tidak sekedar asal bekerja atau berbuat.Terdapat lima syarat yang jika Anda penuhi, Anda akan menjadi orang yang paling dicari (MOST WANTED) dan diperebutkan oleh lembaga sosial atau ormas apapun yang memiliki visi besar
Hari,tanggal : Jumat, 17 Juli 2020
Pukul            : 19.00 s.d 21.00
Pemateri       : Bapak Amir faisal
Materi           : Hypno Writing
Perkuliahan malam ini dibuka oleh OmJay dan dilanjutkan langsung oleh pemateri yaitu Bapak Amir Faisal. Belliau mengatakan bahwa kuliah malam ini praktik bukan teori. Beliau mengirimkan beberapa video yang berisi ringkasan materi yang harus kita pahami. Sebagai syarat sahnya kita mengikuti kuliah malam ini adalah memberikan like dan sribe pada video tersebut. Baiklah Pak saya akan buka satu persatu dan menyscribenya.

video pertama:
Kiat Menenbus Penerbit Nasional
Beliau menceritakan pengalaman menulisnya. Beliau menceritakan pengalamannya agar kita mempunyai mind set yang baik tentang menulis. Beliau bukan dari yang berlatar belakang pendidikan menulis. Setelah beliau malang melintang dalam dunia bisnis beliau ingin membagikan ilmunya melalui tulisan. Beliau mulai dari menjadi trainner pendidikan anak-anak sampai menuliskannya menjadi sebuah buku yang best seller. Dari dunia apapun kita bisa menjadi penulis dan menjadi personal branding tulisan kita. Kita bisa menjadi penulis hal yang kita kuasai dan sederhana serta diterbitkan.
Yang harus diingat jika buku kita ingin diterbitkan Gramedia adalah harus disukai oleh pasar karena Gramedia itu suatu perusahaan bisnis yang punya prisip segala sesuatu harus menguntungkan.

video kedua:
Menghilangkan Rasa Tidak Pede Menulis
Menumbuhkan mind set menulis. Beliau meminta kita membaca tulisan beliau yang berjudul Bagaimana Hypnowriting. Artikel itu menceritakan tentang seorang psikolog yang mengobrol dengan beliau. Psikolog tersebut mengalami hambatan dalam menulis karena terkunci oleh profesi akademisi. Beliau menyarankan bahwa menulis itu tidak boleh terkungkung oleh hal-hal yang mengunci tetapi dalam menulis kita harus bebas atau istilahnya free wrting. Kita bebas mengekspresikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan secara luas jangan terkotak-kotak.
Dalam menulis itu kita harus percaya diri bahwa tulisan kita adalah hasil pemikiran terbaik kita tentunya disertai dengan fakta-fakta yang aktual.
Trik menulis agar tidak terkotak-kotak yaitu:
1. Kita menulis kejelekan orang lain.
2. Kita menulis kebaikan orang lain.
3. Kita menulis impian kita.
Trik kita mengasah otak.
a. membiasakan menulis
b. membuat diri menjadi ketagihan menulis.
c. menggali kemampuan diri
Anggaplah menulis itu mudah maka kita akan bisa menulis secara lancar. Satu kunci dalam menulis adalah bahwa dalam menulis itu tidak ada istilah salah atau jelek.

video ketiga
Menulis Buku Semudah Chatting
Sebelum kita mensugesti pembaca maka kita harus mensugesti diri sendiri dulu agar kita mempunyai rasa percaya diri. Kita harus membiasakan diri untuk mengungkapkan perasaan dan semua unek-unek melalui tulisan setiap hari. Menulis itu merupakan sebuah pengakuan diri terhadap suatu hal. Menulis itu merupakan sebuah karya yang holistik seluruh perasaan. Sebuah tulisan bisa menghipnosis pembaca kalau kita melibatkan seluruh unsur perasaan. Manfaat banyak membaca dalam menulis adalah:
- Memperkaya kosa kata
- Memperkaya khasanah
- Menulis itu holistik
- menulis itu tidak ada aturannya.
Kita harus menganggap bahwa menulis itu mudah agar kita bisa menuangkan ide yang terdapat di kepala ke dalam bentuk tulisan. Setelah ide kita tertuang dalam bentuk tulisan maka kita tumbuhkan kepercayaan diri dalam kemampuan yang kita miliki.

video keempat
Sugesti
Menulis merupakan terapi batin. Kita sebagai penulis mau memasukan pikiran kita dalam bentuk tulisan  ke pikiran orang. Ketika tulisan kita masuk ke pikiran mereka maka diperlukan strategi untuk menghypnosis pikiran mereka. Syarat tulisan bisa masuk ke pikiran orang lain adalah:
- tulisan harus sesuai pikiran mereka sendiri
- tidak menggunakan filter
Isue yang tidak akan mendapatkan filter:
a. aktual
b. pengalaman pribadi yang unik
c. perkenalkan ilmu baru menurut pembaca.
d. menggunkan sudut pandang baru.


Tanya jawab:
1. Selamat malam Pak Amir, terima kasih ilmunya malam ini. Saya Katmie dari Palangka Raya. Tadi saya menyimak tentang bagaimana membaca pikiran pembaca. Saya mau bertanya: jika kita fokus menulis nonfiksi, kog rasanya sulit untuk membaca "kemauan pembaca" tulisan apa yang akan mereka sukai. Nah, bagaimana itu Pak, mohon pencerahannya. Terima kasih
Jawaban ada di video 5
2.Ass war wab Pa Amir ijin bertanya:
1. Bagaimana menembus penerbit agar buku kita dicetak, soalnya saya bberp kali ditolak dg berbagai alasan
2. Apakah kita mengutif tulisan dari internet sbg bahan bacaan dianggap plagiat tidak?
Jawaban 1. Sudah saya jelaskan secara rinci di Video1

Jawaban 2 : Untuk Gramedia grup tidak boleh copas dari internet. Kalau referensi bisa.

Mengenai referensi: Baca artikel saya Belajar Hypnowriting

3. Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Bagaimana cara menumbuhkan cara percaya diri untuk menulis di usia yang sudah senja... maaf sudah over sek alias lebih dari 55 tahun?
Terima kasih
Jawab:
Coba Ibu Aning simak lagi di Video 2 dan 3, serta Artikel Belajar Hypnowriting

4.Selamat Malam Bapak. Sungguh Anugerah TERINDAH DI BALIK PANDEMI..malam ini bisa menyimak paparan Bapak melalui yuotube .. LUAR BIASA SNGAT.MENGINDPIRASI.
Nama saya NI Ketut Suastiwi Guru TK Negeri Desa'Tusan Kecamatan Banjarangkan Klungkung Bali. Kebetulan sekarang sedang belajar menulis OTTOBIOGRAFI saya. Salah satu yg pernah saya baca adalah dgn memunculkan " Konflik utama". Pertanyaan saya ketika saya mengungkapkan konflik itu apakah pihak lain yg diajak berkonflik tidak marah kalau disebut kan namanya.Mohon Petunjuk Bapak.hatur Nuhun.
Jawab:
Dalam media apapun, hindari penyebutan nama, jika itu berkonotasi negatip

Bahkan narasi kisahnya juga harus disamarkan.

Dalam video 2 itu, mencurahkan uneg-uneg, dimaksudkan untuk latihan menghilangkan anggapan bahwa menulis itu sulit.
Dimana sulit nya mengungkapkan rasa jengkel pada orang?

5. Saya bu sri dari bantul,  jogjakarta, mau bertanya konsep hipnowriting itu garis besar tekniknya realnya seperti apa biasanya dijelaskan panjang dan lebar gitu
Jawaban:
Teknik riil, misal Anda membuat narasi manfaat, keuntungan, harapan, menyanjung, memberi model, itu sudah termasuk narasumber hypnosis
6. Salut saya dengan Pak Amir Faisal. Ilmu yang Bapak bagikan sangat memotivasi. Ringan dan bermakna. Tapi saya sangat kesulitan untuk menuntaskan bagian ending. Terbentur dengan hilangnya ide, karena sibuk memikirkan agar tulisan tidak lari dari tema, pemilihan diksi, alur yang kuat, dan poin lainnya sebagaimana yang Bapak sampaikan dalam tulisan hynowriting. Saya akhirnya membekukan tulisan saya. Mohon saran Bapak. Terima kasih.
Jawaban:
Pertama : Kalau nulis, justru jangan terlalu banyak mikir🤔. Ngalir aja Pak. Pokoknya curhat saja apa yang ada dalam sanubari Bapak. Baru nanti dibaca ulang dan dikit lagi.

Kedua ; Tidak usah takut kehilangan ide selama Bapak masih fokus pada masalah / barter yang dihadapi

Ketiga : Membuat endingnya memang gampang-gampang susah. Tetapi semakin tinggi kita membuat target  akan semakin sulit mengakhiri buku.
Saran saya sederhanakan masalah

Keempat : Diksi itu akan semakin menggigit, sejalan dengan semakin sering menulis. Jika sudah menulis 7000 jam keatas  otomatis diisi semakin bagus.

Tetapi sekali lagi itu gak usah dipikirin. Apa yang kita mampu buat, kita yakini bahwa itulah karya terbaik kita saat itu.
Saya sendiri kalau membaca tulisan saya 5- 6 tahun yang lalu juga sering senyum-senyum sendiri

7. Dwi Mulyanti dari SMKN 1 Kademangan Kab. Blitar Jawa Timur
Saya tertarik dengan menulis opini di sebuah surat kabar
Nah,yg saya tanyakan
Trik menulis opini dalam surat kbr itu seperti apa ya pak?supaya argumen atau opini kita tepat sasaran dan diterima
Jawab:
Sebaiknya ibu cari model di media, gaya-gaya penulisan yang viral dan disukai orang banyak. Kemudian pilih yang genrenya paling cocok dengan selera Ibu.Saya awalnya juga begitu, sebelum menemukan gaya dan karakter saya sendiri
8. Sy Aidil Fitriani ..dri Gel 12
Apakah saat menulis kita harus bisa menyamakan persepsi kita dengan calon pembaca ..sedangkan kita tidak memahami peta mental dari calon pembaca ..yg saya nntn di youtube video 5
Jawaban:
Persepsi secara umum saja Ibu (bukan persepsi secara individu)

Umumnya orang suka ......
Tidak suka ............

Sebab tulisan dibuat menggunakan peta mental Ibu, sementara pembaca, masing-masing punya peta mental yang berbeda.

Tetapi ada common sense, ada kesukaan dan ketidaksukaan yang umum.

Kemudian juga umumnya orang, suka dibuat penasaran / curious, disanjung, diberi harapan, dikasih model/ contoh dst

 Setelah menyimak video beliau maka dapat saya simpulkan:
1. Siapapun dapat menulis buku sesuai fasionnya.
2. Untuk bisa menulis harus mensugesti diri dulu bahwa menulis itu merupakan suatu pekerjaan yang mudah semudah kita menuangkan gagasan lewat lisan. Yang berbeda hanya medianya saja yaitu dituangkan lewat tulisan.
3. Saat menulis kita jangan dipagari oleh pikiran-pikiran yang membatasi ide kita. Gunakan free writing artinya kita bebas menuangkan perasaan.
2. Untuk dapat mensugesti pembaca dengan tulisan kita tentunya  kita harus memiliki strategi baik dalam penuangan kosa kata maupun dalam khasanah pengetahuan yang kita tuangkan.


                                                                  Ai Sumartini Dewi
                                                                Guru SMPN 1 Cibogo
                                                                 FB: Ai Smart Dhewi
                                                                IG: ai_sumartini_dewi
                                                          Email: dhewiaris@gmail.com
                                                           Blog: Dhewis blogspot.com




36 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih BuAning sudah mampir dan mengapresiasi

      Hapus
  2. Mantap, super zuper cepat lagi Bu Dewi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir BuPrap, aamiin yra

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hatur nuhun Buketu sudah mampir, aamiin yra

      Hapus
  4. Mantab...mbak Dhewis...cepat jd buku ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir BuHusnul, aamiin yra

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir BuNanik, aamiin yra

      Hapus
  6. Hebat nih sdh nonton vidio dan resumenya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Bunda, aamiin yra

      Hapus
  7. Selamat, Bu Dewis, dengan resumenya yang bagus. Komentarnya juga sangat banyak. Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Pak, aamiin yra

      Hapus
  8. luar biasa

    http://elanjaelanialfatih.blogspot.com/2020/07/resume-kuliahelanpertemuan-ke-2117-juli.html

    Kepada Yth Bapak/ Ibu dipersilakan untuk berkunjung.
    smg brmanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Elan sudah mampir, aamiin yra. sudah mampir tadi

      Hapus
  9. Balasan
    1. Terima kasih BuLati sudah mampir, aamiin yra

      Hapus