Sabtu, 18 Juli 2020

IHT SpensGo di Sela yang Luar Biasa

In House Trainning atau disebut IHT adalah salah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru baaik itu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadiaan , dan kompetensi sosial. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada awal tahun ajaran di suatu lembaga pendidikan.
Tahun ajaran ini merupakaan tahun ajaran yang berbeda dari tahun ajaran sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh datangnya pandemi covid-19 di negara kita. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka, sekarang dipaksa haarus dilaakukaan secara daring atau dalam jaringan. Semua harus dilakukan secara virtual mulai dari MPLS hingga KBM. Terkejut sih pasti dan terutama tertatih-tatih dalam pelaksanaannya. Bagaimana tidak tertatih karena semua dipaksa harus bisa.
Semua bukan tanpa kendala mulai kendala kepemilikan sarana sampai kepemilikan kuota. Sekolah harus beradaptasi dengan keadaan yang baru. Termasuk pelaksanaan IHT pun harus menyesuaikan.
Semua harus kita hadapi dengan lapang dada dan bersikap positif. Kita tidak boleh terbelenggu oleh keadaan yang terjadi saat ini. Sebagai insan pendidik kita harus mengajaak dan memberi contoh kepada siswa agar besikap menerima terhadap kebiasaan baru yang haraus dilakukan. Kebiasaan tersebut adalah meliputi cuci tangan dengan air mengalir, selalu menggunakan masker, dan selalu menjaga jarak. Kaget itu pasti dan kita haruss mencoba terbiasa melakukannya dengan ikhlas. Semua demi kesehatan kita bersama.
IHT di sekolah kami alhamdulillah berjalan lancar dengan pelaksanaan sesuai protokol kesehatan.  Semua peserta pakai masker, duduknya berjarak, serta selalu menjaga kebersihan.
Hari pertama dihadiri oleh semua pendidik, kepala sekolah, pengawas pembina dan sekjen MKKS yang mewakili Dinas Pendidikan.
Adapun materi yang disampaikan adalah meliputi Kebijakan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak jauh di kabupaten Subang di Era Pandemi Covid, Persiapan PJJ dalam masa pandemi di SMPN 1 Cibogo, Pembahsana Materi Esensial mata Pelajaran, Penggunaan dan Teknis Pelaksanaan PJJ di SMPN 1 Cibogo, Persiapan Administrasi Guru, Persiapan Guru dalam PJJ dalam Masa Pandemi.
Waktu pelaksanaan dibagi menjadi dua hari agar lebih leluasa para pendidik mendiskusikannya dengan rekan sejawatnya.
Pelaksanaan IHT hari kedua diawali dengan senam bersama agar sehat sesuai motto Didalam Tubuh yanag sehat terdapat jiwa yang kuat. Dan kami berharap selalu sehat dan kuat dalam melaksanakan tugas ini.
Materi di hari kedua adalah Teknis PJJ yang dilaksanakan di sekolah kami yaitu daraing kombinasi. Semuaa ini dikarenakan sarana yang dimiliki siswa terbatas.
Menjelang acara selesai , ada beberapa cara untuk memotivasi tenaga pendidik. Salah satunya adalah dengaan memberikan reward kepada pendidik yang dalam penyusunan RPP PJJnya terbaik. Ada juga rewaard untuk pendidik yang pembuatan video pembelajarannya paling kreatif. 
Acara ditutup dengan doa semoga kami semua senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, dan kekuatan dalam menghadapi masa pandemi covid-19 ini.

Catatan: Masker dibuka saat mau difoto,  berbicara, dan makan.

12 komentar: