Sabtu, 04 Juli 2020

SUSUK

                                                   
Pagi-pagi seperti biasa, aku bangun dan mandi. Setelah rapih aku duduk di depan sambil menikmati hijaunya bunga-bunga yang aku tanam. Sesekali aku ajak ngobrol, katanya sih tanaman juga sama seperti manusia ingin berbicara. Walau berbeda media., kalau manusia berbicara lewat kata sedangkan bunga lewat tubuhnya.

Tiba-tiba terdengar suara teriakan dari rumah sebelah. Aku sebetulnya sudah tidak  aneh. Keluarga itu selalu mengekspresikan segala sesuatu melalui teriakan. Mereka dapat rejeki berteriak, mendapat kesedihan berteriak, bahkan berantem pun berteriak. Aku santai melanjutkan pikiranku.
"Susukku kemana?" Kudengar teriakan berikutnya. Suaminya  tidak menjawab  sambil keluar rumah seperti biasanya dan terdengar suara pintu dibanting.
Teriakan dan tangisan istrinya tiada berhenti, malah semakin histeris. Suara barang pecah belah seperti melayang. Setelah tak kudengar lagi suara tangis , tiba-tiba bu RT menghampiriku dan menanyakan yang terjadi. Aku menjawab tidak tahu.
Bu RT mengajakku ke rumah tersebut, katanya takut terjadi apa-apa. Setelah aku ketuk pintunya,  agak lama, pintu terbuka dan dia menjerit-jerit lagi. Aku dan bu RT kaget dan kupikir mungkin dia kesurupan.

Saat mau manggil pak RT, dia berteriak kalau susuknya hilang. Aku bilang ya tinggal beli lagi di pasar kan banyak. Dia melotot dan berteriak kalau SUSUK  hilang, maka suaminya pun akan hilang! Bu RT menanyakan  hubungannya susuk dan suaminya. Dia menangis dengan suara pelan. "Suamiku menikahiku karena aku pakai SUSUK Bu." Lalu kami berpandangan tak mengerti. SUSUK? Aku pikir susuk itu alat untu menggoreng , ternyata ada susuk lain. Dan kami pulang.

cat: Cerita ini fiktif, maaf kalau ada kesamaan

 Ai Sumartini Dewi
                                                               Guru SMP N 1 Cibogo
                                                                 FB: Ai Smart Dhewi
                                                               IG: ai_sumartini_dewi
                                                          Email: dhewiaris@gmail.com
                                                             Blog:Dhewi's blogspot.com

33 komentar:

  1. Hahahaahhhhaaaa....kirain beneran ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe hiburan malam minggu BuFina , terima kasih sudah mampir

      Hapus
  2. Oh ho ada SUSUK lain... mantap ceritanya menghibur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiburan malam minggunya selancar di sini soalnya keluar takut hehehehe. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Itulah orang jawa ...percaya seperti itu.... bagus... menginspirasi bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya saya nggak tahu Bu itu spontan aja hehehe

      Hapus
  4. Hahaha...
    Klo bikin tulisan bikin baper sih bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha terima kasih sudah mampir BuMila, hiburan aja biar ketawa di malam minggu.

      Hapus
  5. Balasan
    1. terima kasih sudah mampir BuCicis, hanya hiburan aja hehehe

      Hapus
  6. Balasan
    1. hehehehe biar ketawa aja Bu malam minggu at home

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Iya memang ada bu spt itu, tp susuk biasanya d tanam d bagian tubuh trtentu...😊👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe saya nggak tahu persis hanya pernah dengar , terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. sama2 bu...sdikit tau bu,,kebetulan j krn sy bisa liat yg spt itu..he he

      Hapus
  9. Bukan susuk sutel ya mbak dhewis?..mantap critanya...
    Mampir ya k diarynulfah.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih BuHusnul sudah mampir, asiyap

      Hapus
  10. Duuuhh saya tertipu..gara2 ceritanya yg disajikn spt sungguhan, mntp y bu Dhewis...toopp

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir dan mengapresiasi Pak, salam literasi

      Hapus
  11. wkwkwkwkw... dikira teh susuk buat goreng
    🤩

    BalasHapus