Sabtu, 25 Juli 2020

Serba Serbi PJJ di Sekolahku


Minggu ini minggu kedua tahun pelajaran baru 2020/2021. Setiap sekolah mulai melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh atau disingkat dengan istilah PJJ. Pelaksanaan PJJ itu beragam tetapi tentunya menyesuaikan dengan kondisi sekolah dan siswa. Pembelajaran Jarak Jauh dalam pelaksanaannya tidak boleh memberatkan siswa dan orangh tua. Sekolah kami termasuk sekolah yang siswanya mempunyai kelas ekonomi menengah ke bawah. Jadi kami melaksanakan PJJ pola kombinasi. PJJ daring yang dilakukan adalah menggunakan WA. Semua itu hasil kesepakatan bersama antara sekolah dan orang tua. Semua guru melaksanakan PJJ Daring WA dari sekolah dan Siswa dari rumah. Agar siswa merasa seperti sekolah maka mereka memakai seragam sekolah walau belajar dari rumah. Adadpun teknik pelaksanaan yang dilakukan adalah:
1. Guru membuka kelas di WAG kelas pembelajaran.
2. Pada tahap ini guru mulai menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengajak berdoa.

3. Setelah berdoa  guru mengecek kehadiran dengan meminta siswa  menyebutkan nama dan hadir. 
4. Guru memulai  kegiatan belajar mengajar dengan siswa. dan untuk sementara grup ditutup oleh admin. Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar siswa dibantu dengan buku paket. 
5. Sebagai bentuk interaksi dengan siswa maka meeting dilakukan secara v-call via WA, memang sedikit siswa yang masuk tetapi dengan niat memberdayakan sarana yang ada di siswa dan menghemat kuota milik siswa dan v call dilakukan bergantian. 
6. Akhir dari kegiatan pembelajaran siswa dilakukan tanya jawab tetapi tetap dengan bantuan WAG kelas. 
7. Siswa  diminta mengirimkan foto saat  mereka belajar beserta resume.

Bagaimana dengan yang tidak memiliki HP atau komputer? Kami menyarankan siswatersebut tetap ikut pembelajaran dengan cara  ikut dengan teman yang dekat rumahnya dan saat difoto mereka berdua. Harapan kami mereka bisa tetap belajar dengan maksimal walaupun masa pandemi. 

Kami berusaha meminimaliisir ketidaikutan siswa dalam KBM dengan berbagai cara. Dan Alhamdulilah minggu pertama berjalan lancar dan semoga ke depannya juga demikian sambil kami berdoa agar wabah ini cepat berlalu agar kami bisa bertemu dan saling melepas rindu.


                                                                  Ai Sumartini Dewi
                                                                Guru SMPN 1 Cibogo
                                                                  FB: Ai Smart Dhewi
                                                                 IG: ai_sumartini_dewi
                                                           Email: dhewiaris@gmail.com
                                                             Blog: Dhewi's blogspot.com 

4 komentar: