Jumat, 26 Juni 2020

Resume Kuliah Menulis Online ke-12

                                           Membangun Branding ala-ala   Mr.Namin


Hari/Tangga : Jumat , 26 Juni 2020
Pukul: 19.00 s.d 21.00
Pemateri: Pak Namin
Materi : Membangun Branding di blog dan Medsos

Jumat ini merupakan waktu yang saya tunggu karena akan ada materi tentang menulis di kelas OmJay, dan menunggu kejutan pematerinya. Wow ternya Pak Namin. Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua tatap maya saya dengan beliau. yang pertama saat Konferensi Blogger PGRI bersamaan dengan Pak Dedi D. Saat itu saya tertarik dengan fasion beliau dalam memberikan materi tentang public Speaking atau berbicara di depan orang banyak.

Berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa tingkat kedua setelah menyimak atau mendengarkan. Banyak orang sudah merasa pandai berbicara sehingga dirasanya tidak perlu belajar berbicara. Anggapan itu tentulah sangat keliru. karena pada dasarnya walaupun kita sudah bisa berbicara tetapi untuk berbicara di depan orang banyak perlu teknik dan latihan.Alasan utamanya adalah kalau berbicara di depan orang banyak itu baru dikatakan berhasil jika yang kita sampaikan itu dapat dipaghami dengan baik oleh pendengar.

Kuliah malam ini dibuka oleh moderator Bu Fatimah dan dilanjutkan dengan Pak namin memperkenalkan dirinya.Beliau memperkenalkan dirinya  diberi nama oleh kedua orang tuanya adalah  Namin AB Ibnu Solihin. Beliau merupakan  founder motivator pendidikan.com. Untuk mengenal lebih dekat dengan beliau,  kami  bisa searching namanya  di Google atau bisa buka link berikut ini https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/

Belia juga sebagai seorang motivator  telah membagikan secara gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net.  Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar tujuh  ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak.com
Setelah memperkenalkan diri lalu beliau menyampaikan materi tentang   Membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial.

Beliau memaparkan  mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu beliau ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati. Beliau menambahkan bahwa lebih dari 10 blog pernah saya buat di blogspot.com, kini semua blog tersebut sudah saya hapus semua.

Beliau lalu mengurakan perjalanan ngeBlog sebagai berikut:
1.Tahun 2013  beliau mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama. Keinginan untuk menulis lebih baik memacu beliauuntuk mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

2. Pada tahun 2014 saya dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. 
3. Pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.
4. Tahun 2014 juga awal  mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan beliau membangun Branding bisa dibaca di profil  pada link di atas.
5. Pada tahun 2015  melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang beliau  isi.
Sebelum website tersebut di launching, beliau  banyak mencurahkan gagasan  tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com

Beliau pun menuturkan beberapa cara atau trik untuk membangun Branding, diantaranya:
a. Membangun Branding harus  sungguh-sungguh Idan tidak main-main. Insya Allah ada kemudahan.

b. Membangun Branding  harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.

c. Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Hingga akhirnya ketika orang berbicara "Motivator Pendidikan" mereka, Akhirnya akan mengingat "Namin AB Ibnu Solihin". Ini contoh saja 😊

Beliau pun  jika ada penasaran dipersilakan untuk  searching di Google beberapa kata berikut ini "Motivator Pendidikan" "Pembicara Seminar Parenting" "Motivator Pelajar". Anda akan bertemu dengan siapa kira-kira? Saya menjawabnya: Namin AB Ibnu Solihin. Betul kan?
Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan beliau  keliling Indonesia, dengan  mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang.

Dalam dunia internet kita mengenal istilah hosting.  Hosting atau web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database ( Niaghoster).Jadi mudahnya hosting itu adalah tempat dimana website kita menyimpan file.

Motivasi terbesar untuk sukses adalah, karena beliau ingin hidupnya  bermanfaat  untuk  banyak orang.Untuk menjadi orang bermanfaat, tahapan yang kita harus lakukan belajar dulu.Kemudian mengalami langsung dan setelah itu barulah kita berusaha untuk memberikan untuk banyak orang.

Motto hidup beliau adalah"jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani"
Dalam proses perjalanan hidup  kita wajib terus memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang berkualitas.
Motivasi terbesar beliau adalah  ingin mewujudkan visi dan kurikulum keluarga  agar anak-anaknya menjadi pribadi yang Shalih. Beliau pun menutup materi dengan memotivasi kita untuk  tetaplah bersemangat menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

Dari perkuliahan malam ini saya dapat menyimpulkan bahwa:
1. Setiap keinginan harus ada usaha yang terus menerus.
2. Berjuanglah sampai mencapai titik tertinggi , jangan menyerah dan kalah karena susah.
3. Belajarlah dari setiap kegiatan untuk membuat kegiatan berikutnya lebih baik lagi.
4. Kita hidup harus punya tujuan yang pasti agar kita berusaha lebih keras lagi.
5. Hiduplah untuk bermanfaat baik bagi diri sendiri ataupun orang banyak.
6. Teladan adalah bukti yang lebih baik dari pada berbagai teori.
Selamat Berjuang untuk membangun diri menjadi pribadi yang tangguh dengan usaha sendiri. Karena usaha sendiri itu kepuasannya lebih tinggi.
Ai Sumartini Dewi
Guru SMPN 1 Cibogo Subang
FB: Ai Smart Dhewi
IG: ai_sumartini_dewi
Email: dhewiaris@gmail.com
Blog: Dhewi's blogspot.com

42 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih sudah mampir Om, sehat-sehat ya...

      Hapus
  2. Keren bu... itu foto kita serem banget ya saya bawa golok hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hatur nuhun Bu, hehehehe biar terkenal kan

      Hapus
  3. Selalu tercepat dan terbaik bu Ai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir dan mengapresiasi Bu

      Hapus
  4. Jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani...

    Terima kasih tulisannya ibu...🙏

    BalasHapus
  5. Keren bunda sangat menginpirasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir dan mengapresiasi

      Hapus
  6. Wow... Ternyata saya belum ada..he..he..
    Semangat terus bu dhewis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir. semangat literasi

      Hapus
  7. Resumenya sdh keren, Bu. Yang penting menulis dr hati, pasti hasilnya luar biasa.

    BalasHapus
  8. Teladan adalah buktivyang paling nyata daripada teori, resumenya mantap

    BalasHapus
  9. Yuk kita ngeblog dan mengelola blognya dengan baik. Diminta atau tdk diminta tetap posting tulisan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah siap Om, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus