Selasa, 24 November 2020

PAS di Sela Pandemi

 

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan belajar siswa selama satu semester duduk di tingkatan kelas tertentu. PAS sudah biasa rutin dilakukan di sekolah-sekolah baik sekolah tingkat dasar ataupun menengah. Karena sudah biasa tentunya tidak akan banyak mengalami hambatan. 

Pandemi Covid-19 adalah suatu wabah yang datang dalam kehidupan kita tanpa bisa kita tolak ataupun kita hindari. Kita harus dapat menerimanya dengan berbagai usaha agar wabah itu tidak mencelakai kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dalam hidup. Menerima dan melewati suatu wabah tentunya bukan hal yang mudah. Semua perlu usaha yang keras dan konsisten. Sebagai suatu cara maka tentunya dibuat semenarik mungkin sehingga siswa tidak akan merasa kesulitan dalam melaksanakannya. Dan lahirlah AKB atau Adaptasi Kebiasaan Baru yang mengharuskan kita melakukan hal baru dalam kegiatan hidup sehari-hari diantaranya memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Sebagai suatu lembaga sekolah merupakan salah satu bidang yang terdampak. Dampak yang sangat terasa adalah semua siswa diharuskan belajar dari rumah. Sebagai suatu hal yang baru tentunya hal ini tidak mudah untuk kita terima dan lakukan. Memang saat pertama kali belajar dari rumah mungkin anak-anak senang karena tidak harus bangun pagi dan lain sebagainya. tetapi saat kondisinya mengharuskan lama maka kejenuhan mulai melanda termasuk dalam belajar daring. 

Dalam pelaksanaannya belajar daring itu banyak menemukan kendala baik dari siswa, guru, ataupun orang tua. Dan tentunya sebagai suatu lembaga pendidikan, sekolah berupaya memberikan yang terbaik kepada para siswanya. Semua cara dilakukan agar siswa nyaman dalam belajar walaupun situasinya tidak menyamankan. 

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pelaksaan PAS. Pelaksanaan PAS dilakukan secara daring melalui google form. Alasan memilih google form itu karena dianggap yang paling sederhana untuk dilakukan oleh siswa tanpa harus mengunduh suatu aplikasi. Tetapi ternyata kendala pun datang yakni ternyata tidak semua siswa di sekolah kami memiliki gadget. Sekolah pun berpikir keras bagaimana caranya agar mereka tetap melaksanakan PAS tanpa harus beli gadget. Maka akhirnya diputuskan PAS di sekolah kami menggunakan dua moda yaitu moda daring dan luring. 



PAS moda daring siswa tidak harus datang ke sekolah, mereka hanya memantau grup kelasnya pada saat wali kelasnya memberikan link soal. Sedangkan PAS moda Luring siswa diminta datang ke sekolah tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, emakai masker, dan menjaga jarak. Jumlahnya pun tidak lebih dari 15 siswa per ruang. 

Setelah disisir meminta tolong wali kelas akhirnya diperolahlah data siswa yang akan mengikuti PAS moda luring. Adapun jumlahnya meliputi kelas 7 sebanyak 10 orang, kelas 8 sebanyak 10 orang, dan Kelas 9 sebanyak 15 orang. Dan mulailah PAS dilaksanakan.



Pada realitasnya tetap mengalami kendala yaitu mereka terbiasa bangun siang sehingga untuk bangun pagi perlu kerjasama antara wali kelas dengan orang tua yang ekstra. Hal ini dikarenakan banyak pula orang tua yang bekerja di pagi hari sehingga sebelum membangunkan putranya mereka harus sudah berangkat. Tetapi alhamdulillah seperti pepatah tak ada jalan yang susah jika kita mau berusaha. 

PAS daring dan luring pun berjalan dengan berbagai intrik. hasil maksimal itu tujuan kami sedangkan kendala adalah ujian kami. Semoga pandemi segera berlalu.



                                                                 Ai Sumartini Dewi

                                                               Guru SMPN 1 Cibogo

                                                          Blog: Dhewi's blogspot.com

                                                              FB: Ai Smart Dhewi

                                                             IG: ai_sumartini_dewi

4 komentar: