Sabtu, 18 Desember 2010

S 3

S 3 di sini adalah bukan gelar kesarjanaan dari sebuah perguruan tinggi. S 3 di sini adalah sebuah kebiasaan yang harus kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.


S yang pertama adalah Senyum.Senyum adalah salah satu bentuk ekspresi kita yang tertuang dari rasa dan hati melalui bibir.Pada kenyataannya senyum itu mudah tapi susah.Senyum dikatakan mudah karena setiap orang bisa melakukannya tanpa mengeluarkan biaya.Tapi disebut susah karena tidak semua orang bisa tersenyum dengan tulus.Sekalipun itu pada saat yang dibutuhkan. Kadang orang menganggap senyum itu tak perlu, padahal dengan senyum kita dapat beberapa keuntungan. Salah satu keuntungannya kita bisa mempunyai teman lebih banyak.

S yang kedua adalah salam. Salam dalam kenyataannya bisa mengandung dua arti yaitu salam berjabat tangan dan salam dalam artian menyapa.Kedua arti tersebut dapat kita lakukan bersamaan dan akan mendapat keuntungan yang bersamaan pula.Tapi tidak menutup kemungkinan jika dilakukan salah satunya. Dan orang kadang lebih memilih yang praktis aza, yaitu salah satunya aza.

S yang ketiga adalah sapa. Sapa dalam hal ini artinya menyapa.Menyapa adalah berbahasa melalui kegiatan berbicara.Sapaan dilakukan oleh kita pada saat melakukan interaksi dengan sesama baik yang sudah kenal ataupun belum.

Sapa dapat dilakukan secara sederhana dan dapat pula dilakukan secara kompleks.artinya secara sederhana maka sapaan dilakukan hanya seperlunya, sedangkan sapaan kompleks artinya dilakukan secara berkelanjutan.

Senyum, Salam, dan Sapa pada kenyatannya dapat merupakan satu rangkaian yang tak terpisahkan dan memberikan banyak keuntungan bagi pengguna bahasa.Keuntungannya bisa langsung terasa dan bisa juga tidak.

Oleh karena itu mari kita budayakan Senyum, salam, dan sapa dalam kehidupan sehari-hari. Iinsyaallah banyak manfaat yang kita dapatkan terutama kaitannya dengan komunikasi pada sesama.

Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar