Senin, 13 Juli 2020

Resume Kuliah Menulis Online ke-19







Hari, tanggal   : Senin, 13 Juli 2020
Pukul              : 19.00 s.d 21.00.
Materi             :  Berbagi Pengalaman tentang Dunia Kepenulisan
Pemateri         : Bapak Jumanto ( Penulis puluhan buku dan Ketua PGRI Rembang)

Bahasa


Kata
Untaian makna
Tuangkan rasa
Laksana permata



Logika tertata
Terpancar  indah tuangkan pesona jiwa
Siratkan inspirasi nan penanda tinta
Sungguh tajam dan selalu terpercaya



ASD
Cibogo_130720_19.00
saihu_2556sk_asaihudan_2556k



Malam ini seperti biasa merupakan malam yang ditunggu oleh kita sebahai pengguna bahasa. Malam yang sebetulnya biasa menjadi tidak biasa karena kita akan mendapatkan hal yang bermakna. Kuliah menulis malam ini dibuka oleh Om Jay dan dipandu oleh moderator Bu Sri Sugiastuti. Adapun pemateri malam ini adalah Bapak Jumanto yang merupakan penulis puluhan buku dan Ketua PGRI Kota Rembang. Berikut saya sampaikan biodata dan karya beliau.

BIODATA

Nama                                  : Drs. Jumanto, M.Pd

Tempat, Tanggal Lahir          : Sragen, 21 Januari 1966

Jenis Kelamin                      : Laki-laki

Agama                                 : Islam

No Telpon/ HP                      : 0295 6980952 / 0812 2847 9811

Email                                    : pgrirembang17@gmail.com

Pendidikan                           : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indones

                                              Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pekerjaan                            :  Pengawas Sekolah Kabupaten Rembang

Jabatan Organisasi              : Ketua PGRI Kabupaten Rembang

Karya                                   : 10 buku pelajaran dan 3 buku fiksi.

       Beliau mengawali perkuliahan dengan mengatakan bahwa menulis merupakan proses kreatif yang dijalani seiring dengan perjalanan hidup beliau.  Beliau itu   rutin menulis dari menulis puisi karena  mudah. Setiap ada ide maka beliau  tulis.Selain  dari menulis puisi kadang menulis cerita pendek. Tahun 2004 beliau mulai ditantang oleh Prof. Dr. Sarwiji Suuwandi, guru beliau  bagai orang tua  untuk menulis Buku Ajar.
Prof Sarwiji memberikan tantangan karena saya selaku guru meneliti buku-buku pelajaran yang dipakai di sekolah.Dengan bimbingan beliau, saya dapat menyelesaikan 3 buku ajar untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA.Satu bulan pertama hanya menyelesaikan 1 buku ajar untuk kelas VII SMP/Mts. Buku ajar untuk  kelas VIII dapat saya selesaikan 2 minggu. Selanjutnya saya dapat menyusun naskah buku untuk kelas IX dan untuk SMA rata-rata dalam waktu 2 minggu.Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya saya harus belajar mengedit berdasarkan catatan-catatan dari tim penilai.Pendapatan saya jauh dari pendapatan seorang guru PNS. Selain dari hasil jual naskah buku, juga mendapat dari editor.Setelah proses penilaian buku selesai dan buku sudah mendapatkan SK penetapan, maka buku siap diterbitkan.
Tantangan baru datang dari Bapak Direktur Penerbit SIC. Kata beliau, saya cocok menjadi marketing. Bisakah saya menjalani sambil saya menjalankan tugas sebagai guru PNS?Pemerintah meluncurkan istilah BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah.Buku tersebut diberi HET. Pihak ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di masa buku BSE tersebut, saya mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak  BSE.Pengalaman saya dari penulis, editor, marketing, manager. Keempat aktivitas ini saya lakukan sampai sekarang. Di PGRI Jateng mendapat tugas sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan Penerbit PGRI Jateng Press



Pemerintah meluncurkan istilah BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah. Buku tersebut diberi HET. Pihak ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di masa buku BSE tersebut, beliau  mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak  BSE.



Menurut beliau, menulis itu mudah dan memberi kenikmatan, dan tidak perlu dipikirkan. Kreativitas seseorang akan terus membara dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya:
a. senang
b. arah alur pembaca sesuai UU no 13 thn 2017 tentang Perbukuan 
Bentuk , Isi, dan Jenis buku menurut Undang-Undang no 13 tahun 2017 adalah:
a. bentuk: buku cetak dan buku elektronik
b. jenis: buku pendidikan dan buku umum
c. isi: pengetahuan, informasi, dan hiburan
Buku yang digunakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Permendikbud no 18 tahun 2016 adalah:
1. Buku teks pelajaran
2. Buku non pelajaran : buku pengayaan, buku referensi, dan panduan pendiidik
jenjang buku teks non pelajaran adalah:

A screenshot of a cell phone

Description generated with very high confidence


 Beliau mengatakan bahwa  menulis kita akan menjadi senang(seneng), pendapatan(jenang) , dan karir kita menanjak(jeneng)? Semua itu akan mengikuti kita dengan sendirinya sesuai dengan tujuan kita. 


Tanya Jawab:
1. Bapak I Nengah Suradnya Tempat Tugas di SMPN 1 Banjarangkan  Klungkung Bali,
 Bapak narsum mohon share pengalaman bapak suka duka mengemban 4 tugas mulia, sebagai penulis, editor, marketing dan manager?
Jawab: 
sukanya dulu
1. Dari menulis Buku saya mendapatkan pendapatan pasif yang jumlahnya lebih besar dari Gaji Guru PNS selama masa kerja 30 tahun.
2. Saya mendapatkan reputasi dan karir. Saya masa kerja guru PNS 8 tahun sudah diangkat menjadi pengawas
3. Saya dengan menulis hati selalu riang yang dapat menginspirasi ketiga anak saya untuk semangat berprestasi
Untuk dukanya
1. Kadang ada beban jika meninggalkan tugas mengajar di saat harus menghadiri undangan pelatihan


2. Jarak tempuh tempat tinggal dengan kantor penerbit jauh sehingga hanya tidur rata rata sehari 3 jam.



2. Materi malam ini sangat luarr biasa sekali. Izin bertanya pak, saya ingin sekali menerbitkan buku tentang Omjay, tapi sampai sekarang bukunya belum jadi. Saya kebingungan dalam mengembangkan bahan tulisan. Karena baru nulis satu halaman, ide tersebut suka mentok. Bagaimana membuat ide itu meluas pak??? mohon masukannya. Terimakasih.
Jawab:
Luar biasa niat Ibu menulis tentang Om Jay.
Agar materi tulisan bisa berkembang  Ibu harus banyak observasi dunianya Om Jay atau banyak membaca tulisan tulisan Om Jay. 



Outline jangan lupa dijadikan pijakan dalam menulis.



3. Assalamualaikum wr wb, ijin bertanya:
Tadi disebutkan Penerbit PGRI siap membantu menerbitkan buku  kami(peserta menulis pemula) jenis buku yg bs diterbitakan di penerbit PGRI apa saja?



Bagaimana persyaratan bisa menerbitkan d PGRI, bagaimana rincian pembiayaannya.
Jawab:
buku yang bisa menerbitkan buku oleh PGRI Press adalah semua hasil karya guru dengan mudah. mulai daeri lay out sampai penerbitan.



4. Terimakasih atas sharing pengalaman PakJumanto
Perkenankan sy utk bertanya:
1.Bg penulis pemula, kdg2 utk menentukan outline dri sebuah gagasan/ide itu tdk mudah. Adakah trik2/tips spy kita mudah utk menentukan outline ya ?
2.Bgi penulis pemula, bgmn tips nya spy hsil tulisan (misal.naskah buku) kita mudah utk bs diterbitkan ?
Jawab:
Out line diperlukan bagi semua penulis baik pemula maupun yang mahir. hal ini agar materi menulis kita tidak diulang. Outline itu membantu kita agar tulisan kita tidak terlalu sempit atau tidak terlalu melebar kemana-mana.
Tulisan dikirim ke PGRI Jateng Press untuk difoloow up sampai diterbitkan.



5. Dalam penulisan Buku untuk anak usia 3-6 tahun .pada Power poin di kolom Bahasa disebutkan" Pengenalan kata menggunakan pola repetitif dalam kalimat".
Jawab:
banyak buku yang dibutuhkan penerbit untuk kalangan bacaan anak-anak prs sekolah. Repetitip itu pengulangan kata. Bacaan untu anak-anak itu harus banyak gambar yang menarik.



6. Apakah kalau menulis buku pelajaran idenya pernah mentok? Dan bagaimana cara bapak mengatasinya?
Jawab:
Menulis buku pelajaran lebih mudah karena mengacu KI dan KD  pada kurikulum. Ketentuan buku pelajaran itu harus menuangkan seluruhKI dan  KD. KD dikembangkan sesuai dengan ketentuan dengan cara melihat buku yang sudah ada dan dikembangkan.



7. Kalau menurut Bpk. Jumanto, bagaimana  menilai karya tulisan kita itu layak atau tidaknya diterbitkan?
Yang kedua,  bagaimana caranya menjadi penulis yang berhasil seperti Bpk dan para narsum hebat disini.
Jawab: 
Tuisan yang layak adalah yang sesuai dengan pembacanya dan ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang. Penerbit mengedit karya kita supaya tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan.



8. Apakah dalam menulis cerpen atau sejenisnya harus menggunakan kerangka tulisan, Pak? Bagaimana mengawali untuk membuat paragraf awal cerpen ?



Jawab: 
Menulis cerpen pun harus membuat out line agar kita mudah menulisnya. Syarat cerpen itu adalah menarik pembaca untuk membaca karya kita selanjutnya.



9. utk narasumber yg hebat sy mau bertanya..jika kami punya naskah apakah penerbit pgri jate ng bisa membntu kami menerbitkan buku dan apakah bukunya ber isbn? 
buku jenis apakah yg bisa diterbitkan oleh penerbit pgri jateng? 



jawab:
Penebit Jateng Press membantu karya para guru untuk diterbitkan menjadi buku yang berISBN. 



1. bagaimana cara mengawali tulisan? 
2. buku apa saja yg nisa diterbitlam olel PGRI jateng? terima kasih
jawab: 
1. Mengawali tulisan tergantung jenis tulisan yang akan kita susun. Misal akan menulis buku pengayaan Mapel IPA untuk anak SD kelas V. Bapak harus memilih KD mana yang akan dikembangkan materinya. Misal materi tentang listrik maka Bapak buat outline buku yang berisi pengayaan materi Listrik.



2. Buku apa saja bisa  Pak . Saran saya lebih baik buku non teks pelajaran atau buku pengayaan. Pengayaan bisa masalah pembelajaran. Pengetahuan. Kepribadian. Keterampilan. Buku pengayaan banyak peluangnya untuk dipasarkan.



 10.Apakah bapak suka menulis puisi? dan kapan waktunya? 
beliau masih menulis puisi karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.



11. Apakah penerbit jateng juga menerbitkan buku digital ber isbn?
Jawab:  Belum, baru dikaji. Semoga segera dapat terlaksana.


Beliau menutup perkuliahan dengan simpulan sebagai berikut:
Menulis Itu Mudah
1.      Menulislah menulis dan menulis
2.     Tulislah tema-tema yang ada di sekeliling kita.
3.    Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis.
4.    Sebagai Guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat dikembangkan menjadi 1 buku pengayaan.

 5. Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual,  tulisan memiliki hubungan timbal balik yang disajikan dengan baik.
6. Outline memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda-beda. Dengan outline akan menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline memudahkan penulis mencari materi pembantu.
7.  Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide yang sedang membara.
 8.  Buku yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon pembaca buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU no 3 tahun 2017 tentang Perbukuan.
  9. Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.
10. Kendala kita dalam menulis adalah Malas. Kita memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis tetapi kita malas menulis.
     10.  Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena kemauan kita untuk menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis


Setelah menyimak materi dan tanya jawab, dapat saya simpulkan sebagai berikut:
1. Modal utama menulis itu adalah niat yang ada dalam diri kita. Menulislah dengan senang maka unsur lain akan menyusul.
2. Mulailah menulis dari bidang yang kita kuasai sehingga kita tidak kekurangan ide dan referensi.
3. Menulis apapun hendaknya membuat outline terlebih dahulu agar kita tidak kehilangan arah dalam saat mengembangkannya menjadi tulisan.
4. Menulislah dengan sungguh-sungguh maka kita akan menuai hasilnya kemudian.
5. Menulis itu tidak mengikat waktu, tempat, dan isi. jadi kita bisa menulis kapanpun, dimanapun, dan apapun.



53 komentar:

  1. Mantab lengkap pula..
    Sajian yg beda dg puisi ..baguss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih BuAning sudah mampir, hehehe kan Pemateri suka nulis puisi juga

      Hapus
  2. cepat sekali bu resumenya..selamat

    BalasHapus
  3. mantap bu dewi tur cepet sekali bikin resumnya. kagum aku mampir ya ke https:///ciciswediastriana.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir BuCici, asiyap

      Hapus
  4. Zuper hebatbBu Dew, tercepat dan lengkap pula👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir BuPrap hehehe aamiin yra

      Hapus
  5. Langsung joss...mantap selalu terdepan

    BalasHapus
  6. Mantap Ibu.. Lengkap.. Sdh bwrtamu ibu.. Sudah disuguhkan ilmu yg sgt bermanfaat..

    BalasHapus
  7. Ibu selalu resume tercepat ..mntap keren ..sukses y bu

    BalasHapus
  8. Keren paling awal terus..mantap bu

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Terima kasih BuFuyi sudah mampir, selamat bukunya dah naik cetak

      Hapus
  10. Lengkap banget bu, thanks for sharing the info

    BalasHapus
  11. Joss...suguhan puisinya mantap!

    BalasHapus
  12. Terima kasih sudah mampir BuAam

    BalasHapus
  13. Selalu terdepan
    Mantul resumenya

    BalasHapus