Sabtu, 22 Januari 2011

Upaya meningkatkan minat baca

oleh Ai Smart Dhewi pada 22 Januari 2011 jam 16:23
Membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa tingkat ketiga setelah berbicara.Seseorang bisa melakukan membaca setelah dia mengetahui lambang-lambang suara yang diterjemahkan melalui gambar atau kita kenal dengan istilah huruf.Sebagai salah satu keterampilan berbahasa, membaca tidak datang dengan sendirinya melainkan harus terlatih dengan tetap ,seragam dan otomatis.

Dalam kehidupan sehari-hari membaca bisa kita tanamkan sedini mungkin.Hal ini agar saat anak merasa agak besar mereka bisa melakukannya sendiri dan menjadikan membaca sebagai satu kegiatan yang tak mesti dipakasa. Seperti hal nya kita kalo tidak makan akan terasa lapar, maka seperti itulah hendaknya kita menerapkan kebiasaan dalam membaca.Kita akan merasa lapar kalau belum membaca. Membaca merupakan satu kebutuhan primer.

Pada kenyataannya kita sangatlah susah menanmkan kebiasaan untuk membaca. Ada saja alasannya, kalo nggak bukunya tebal, bahasanya kaku, maka akan keluar pula alasan bahwa membaca itu bikin ngantuk. Alasan terakhir memang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.Siswa sekarang lebih memilih sms-an daripada membaca di perpustakaan.

Terkadang kini sudah tak asing kalo anak-anak lebih memilih nongkrong di katin atau warnet daripada memilih membaca di perpustakaan atau taman bacaan.Mereka belum menyadari pentingnya membaca untuk bekal kehidupan masa yang akan datang.Dengan membaca pikiran kita akan terbuka dan mampu bersaing dengan perkembangan jaman.

Berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan siswa, diantaranya:
a. pilihlah bahan bacaan yang ringan seperti fiksi
b. luangkan waktu barang sejenak untuk membaca .
c. jadikan membaca itu suatu hobi.
d. bacalah setiap bahan yang kita temukan.
e. seringlah berbicara dengan yang lain agar kita wawasannya terbuka.
f.seringlah berkunjung ke taman bacaan atau toko buku yang terdekat.
g. belilah buku walau hanya satu dan sederhana.
h. usahakan dalam membaca buku jangan langsung tamat.
i. buatlah taman bacaan di rumah walau sederhan.

Setelah semua itu dilakukan maka kita akan merasa bahwa membaca itu bukan sejedar hobi melainkan satu kebutuhan hidup manusia.Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar